Pencegahan Mail Spoofing dengan SPF Record





Disarankan membaca ini dulu --> SPF Record Awal

Membuat Kode SPF Record terhadap domain email yang kita miliki terkadang sulit-sulit mudah, untuk itu saya lebih suka menggunakan tools wizard disini --> http://www.spfwizard.net/

Dengan wizard tersebut, saya bisa leluasa menentukan parameter-parameter yand dibutuhkan tanpa harus melihat ke aturan bakunya sendiri.

Saya capture dibawah ini sebagai contoh saja.



Apabila ini sudah selesai dilakukan, hasil copyan dari txt record diatas, di copykan kedalam DNS server anda di hosting provider,

yang kita tambahkan adalah txt Record

Tunggulah dalam beberapa jam kedepan, untuk mengeceknya apakah sudah update apa belum, anda bisa mengeceknya disini --> https://dnschecker.org.  apabila sudah update, maka SPF Record anda siap digunakan, dan silahkan di konfigurasi di Email servernya bahwa setiap pengiriman email dilampirkan SPF Recordnya. [ masing-masing email server berbeda dalam menunya].

Dengan metode seperti ini, maka email yang keluar dari mail server anda akan divalidasi terhadap tetapan nilai SPF Record pada DNS server, apakah memenuhi apa tidak. apabila memenuhi tentu scor domain email anda akan semakin baik, apabila tidak memenuhi maka email tersebut dianggap SPAM oleh penerima.


Semoga berguna





Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmailcom] ~ Jagad-internet

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pencegahan Mail Spoofing dengan SPF Record"

Posting Komentar