Pin beberapa shortcut program kedalam taskbar secara otomatis


Pin beberapa shortcut program kedalam taskbar secara otomatis


Shortcut merupakan jalan pintas untuk memanggil sebuah program, dalam hal ini biasanya shortcut diletakan kedalam layar/desktop atau bahkan didalam taskbar. Untuk meletekan shortcut kedalam taskbar saya rasa sangat mudah sekali dilakukan dengan cara mendrag shortcut yang ada dilayar kedalam taskbar, akan tetapi akan sedikit kesulitan apabila kita ingin membuat standarisasi taskbar di komputer yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Berdasarkan dari pengalaman dan yang pernah dilakukan oleh penulis, berikut saya akan menuliskan langkah demi langkah untuk menstandarkan shortcut yang ada dilayar didalam komputer yang terhubung kedalam Domain Controller / Active Directory.
1. Bukalah program Notepad dan copy paste script dibawah ini untuk dimodifikasi sesuai dengan lokasi dari setiap program(exe) yang akan dibuatkan shortcutnya kedalam taskbar. ( jangan lupa untuk merubah nama servernya )
@echo off
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Google\Google Earth\client\googleearth.exe”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Google\Google SketchUp 8\SketchUp.exe”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Mozilla Firefox\firefox.exe”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\OFFICE11\EXCEL.EXE”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\OFFICE11\WINWORD.EXE”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\OFFICE11\POWERPNT.EXE”
cscript \\namaserver\netlogon\PinItem.vbs /taskbar /item:”C:\Program Files\Autodesk\AutoCAD LT 2012 – English\acadlt.exe”
2. Setelah semua program terdaftar di list diatas, maka simpanlah file notepad tersebut ke Lokal Folder dengan nama pinprogram.bat ( Harus dengan extensi Bat ), lalu dicopykan kedalam share folder. Share folder yang tepat dan digunakan oleh domain controller untuk setiap script yang akan dimuat biasanya adalah berlokasi di domain controllernya itu sendiri ( \\server_domain_controller\netlogon
3. Kemudian kita sekarang masuk ke Domain Controller, Start\Administrative Tools\Active Directory Users and Computers

4. Kemudian kita cari user yang akan kita berikan policy tersebut. double klik usernya, lalu ketikanpinprogram.bat di tab Profile\logonscript


~selamat mencoba

Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmailcom] ~ Jagad-internet

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pin beberapa shortcut program kedalam taskbar secara otomatis"

Posting Komentar